Senin, 22 Desember 2008

KEBIASAAN BAIK HARI JUM'AT

Pada setiap hari Jumat diwajibkan untuk melakukan sholat Jumat kecuali anak-anak dan perempuan, oleh sebab itu ada beberapa hal kebiasaan-kebiasaan baik yang patut diperhatikan, diantaranya adalah:

1.Sungguh hari Jum'at menurut Islam merupakan hari terbaik sejak matahari terbit sampai terbenamnya matahari.

2.Seorang muslim sebaiknya mandi atau mensucikan dirinya dengan wudhu sesempurna mungkin sebelum pergi shalat. Kendatipun mandi tidak diwajibkan, ia jelas mempunyai efek lebih membersihkan; berwudhu jelas baik, tapi mandi bagaimanapun lebih utama.

3.Sebaiknya memakai pakaian yang terbaik dan juga parfum jika tersedia, atau minyak rambut yang wangi sebaiknya juga dipakai untuk rambut.

4.Menyikat gigi dengan tongkat gigi atau sikat gigi untuk membuat mulut bersih dan beraroma segar. Hal ini memiliki tingkat keutamaan lebih pada hari Jumat sebelum pergi sholat dibanding hari-hari yang lain.

5.Sebelum pergi sholat, kuku-kuku harus dipotong dan dibersihkan, dan seseorang harus memastikan diri bahwa pakaiannya bersih dan janggut serta kumisnya rapih.

6.Shalat Jumat secara berjamaah adalah kewajiban yang sangat penting bagi setiap muslim; dengan pengecualian tertentu seperti anak-anak, wanita dan mereka yang sakit tidak wajib melakukan shalat Jumat.

7.Jika terdapat lebih dari satu mesjid jami', adalah lebih baik untuk melaksanakan shalat Jum'at berjamaah di satu mesjid.

8.Disunahkan pergi sepagi mungkin ke mesjid pada hari Jum'at. Berjalan kaki ke mesjid, jika mungkin, dan tidak berkendaraan adalah lebih baik.

9.Pada saat memasuki mesjid, peraturan-peraturan akhlak di dalam mesjid harus diperhatikan.

10. Perlu bersikap hati-hati agar tidak menyakiti orang lain; berdesakan di antara dua orang atau melangkahi orang lain.

11. Kebanyakan mesjid pada hari Jumat penuh dengan orang-orang yang beribadah. Tak seorang pun berhak mengusir orang lain dari tempatnya dan kemudian ia sendiri menempatinya. Ia sepatutnya memohon dengan sopan agar mereka memberikan ruangan baginya.

12. Ketika di dalam mesjid, orang harus menghindari posisi duduk yang dapat menyebabkannya mengantuk, tidur atau hal yang dapat membatalkan wudhunya.

13. Jika merasakan dirinya mengantuk, ia sebaiknya berusaha merubah tempatnya. Dalam hal ini, ia boleh berganti tempat dengan orang di sebelahnya.

14. Diusahakan agar tidak mengambil posisi yang dapat menyingkap auratnya antara pusar dan lutut.

15. Nabi Muhammad SAW melarang pelaku ibadat untuk duduk bersama dengan posisi melingkar di dalam mesjid sebelum shalat Jumat, karena hal ini akan menghalangi barisan yang lurus dan membuat ruangan yang ada menjadi sempit.

16. Menghadap ke imam ketika ia memberikan khutbah di atas mimbar merupakan akhlak yang baik.

17. Ketika imam memohonkan rahmat pada Alloh SWT bagi umat Islam, ia tidak perlu menadahkan tangannya dengan sikap memohon.

18. Ketika shalat Jum'at selesai dikerjakan jamaah tidak boleh secara serentak meninggalkan mesjid atau berdesak-desakan.

19. Konsep sabat tidak dikenal dalam Islam. Oleh karena itu Islam tidak menuntut umatnya untuk berhenti bekerja sepanjang hari Jum'at. Apa yang diperintahkan adalah berhenti bekerja selama waktu shalat.

20. Jamaah harus mendengarkan imam begitu ia khutbahnya dan tetap diam hingga ia menyelesaikan khutbahnya. Melakukan shalat dengan main-main adalah bertentangan dengan tujuan shalat Jum'at.

21. Makruh hukumnya berpuasa pada hari Jum'at. Tapi jika dihubungkan dengan puasa hari Kamis atau Sabtu, berpuasa pada hari Jum'at dibolehkan.

22. Tidak ada keutamaan dan juga tidak diharuskan untuk membatalkan bepergian pada hari Jum'at.

23. Hari Jum'at adalah kesempatan yang paling baik untuk mengingat Nabi, sallallohu alaihi wasallam, dan memohonkan rahmat untuknya dengan mengucapkan: Allohumma shalli ala Muhammad wa ala ali Muhammad (ya Alloh rahmatilah Muhammad dan keluarga Muhammad).

24. Membaca al-Qur'an surat al-Kahfi disunahkan pada setiap hari Jum'at.

By : Agussyafii

0 komentar: